5 Gejala Batu Ginjal yang Harus Diwaspadai

Ajeng Tria

Masalah pada ginjal dapat berakibat fatal. Sayangnya, banyak orang yang tidak memperhatikan gejalanya, terlebih saat buang air kecil.

Anda mungkin pernah mendengar batu ginjal sebelumnya. Batu ginjal ini bentuknya kecil, yang merupakan endapan mineral keras yang terbentuk di ginjal Anda. Mereka biasanya terdiri dari mineral tertentu.

Batu ginjal biasanya terbentuk saat seseorang mengalami penurunan volume urin atau peningkatan mineral pada air kencing yang membentuk batu.

Namun, jika Anda tidak mengenali gejalanya batu ginjal, Anda dapat beranggapan bahwa masalah pada urine akibat infeksi saluran kencing (bisa menggunakan celana dalam kesehatan) atau usus buntu. Karenanya, penting untuk mengetahui gejala batu ginjal yang paling umum berikut.

1. Nyeri di punggung, perut atau bagian samping
Ini terjadi karena ureter (tabung kecil yang mengeluarkan urine dari ginjal ke kandung kemih) terhalang dengan batu. Ini yang memicu rasa sakit di sekitar ginjal (yang terletak di tengah punggung) dan bisa menyebar ke perut bagian bawah atau paha.

2. Sakit atau rasa terbakar saat buang air kecil
Ini biasanya terjadi ketika sebuah batu akan meninggalkan ureter Anda dan masuk ke kandung kemih.

3. Urine berdarah
Lapisan di dalam ginjal dan kandung kemih Anda sensitif. Batu itu menggores jaringan atau mengiritasi, menyebabkan pendarahan yang kemudian muncul di urine Anda.

4. Mual dan muntah
Ini bisa jadi tanda ginjal Anda terhambat yang berarti ureter sebagian atau seluruhnya tersumbat, mencegah air kencing membuat jalan ke kandung kemih Anda. Saraf ke usus dan ginjal Anda dibagi dan penyumbatan ginjal dapat mempengaruhi saluran pencernaan yang membuat Anda mual bahkan muntah.

5. Demam

Jika mengalami demam bersamaan dengan gejala lainnya, itu pertanda Anda memiliki infeksi karena batu bisa menjadi tempat yang aman bagi bakteri. Segera pergi ke rumah sakit jika Anda mengalami gejala ini.

Bagikan Artikel

Related Posts

Previous
Next Post »